LOGO puskesmas perampuan
Beranda > Berita > Sosialisasi Bias
Berita Utama

SOSIALISASI BIAS

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - 4 Agu 2022 - Dilihat 75 kali

TINGKATKAN CAKUPAN BIAS, PETUGAS IMUNISASI PUSKESMAS PERAMPUAN TURUN KE SEJUMLAH SEKOLAH UNTUK SOSIALISASI

 

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dilaksanakan bulan Agustus dan Bulan November. Untuk meningkatkan sasaran kegiatan tersebut, petugas imunisasi UPT Puskesmas Perampuan terus bergerak kaitannya dengan memberikan pemahaman kepada para guru dan orang tua / Wali murid tentang pentingnya imunisasi diberikan pada anak usia SD/MI.

 

Pemberian imunisasi bagi para anak usia SD atau sederajat (MI) ini merupakan komitmen pemerintah khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Selain itu, berdasarkan Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Imunisasi bahwa imunisasi sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah penyakit melalui pemberian kekebalan tubuh dan harus dilaksanakan secara terus menerus, menyeluruh, dan dilaksanakan sesuai standar sehingga mampu memberikan perlindungan kesehatan dan memutus mata rantai penularan.

 

Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah.

 

Program BIAS ini sekali lagi menekankan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD/MI terhadap penyakit campak rubella, difteri dan tetanus. “Karena itu para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas UPT Puskesmas Perampuan.

 

Ketua tim imunisasi UPT Puskesmas Perampuan berharap pada saat pelayanan BIAS di sekolah nantinya akan dilaksanakan, tidak ada lagi orang tua yang ragu apalagi menolak pemberian imunisasi demi kesehatan anak.

 

#Imunisasi_Itu_Penting

#PRIMA

#Kesehatan_Anda_Kepedulian_Kami


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *