LOGO puskesmas perampuan
Beranda > Berita > Seberapa Pentingkah Smd Dan Mmd
Berita Utama

SEBERAPA PENTINGKAH SMD DAN MMD

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - 6 Agu 2022 - Dilihat 92 kali

DIMANA ADA SMD WAJIB ADA MMD !!!

SEBERAPA PENTINGKAH SMD & MMD ????

 

MMD atau Musyawarah Masyarakat Desa adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD.

 

Dalam Permenkes Nomor 44 tahun 2016 tentang Manajemen Puskesmas disebutkan bahwa SMD dan MMD digunakan sebagai bahan penting dalam penyusunan RUK. MMD dilaksanakan satu tahun sekali. Hasil dari MMD akan dibahas di Musdes untuk Penyusunan RPK di Tingkat Desa.

 

Tujuan MMD diantaranya adalah agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di wilayahnya, masyarakat sepakat untuk bersama-sama menanggulangi masalah kesehatan yang ada di wilayahnya serta Tersusunnya rencana kerja untuk penanggulangan masalah kesehatan sesuai dengan yang disepakati bersama.

 

Artinya SMD dan MMD ini sangatlah penting dan menjadi hal wajib yang harus dilaksanakan bagi Puskesmas terkait penanganan masalah kesehatan yang ada di desa. 

 

Kegiatan MMD di wilayah UPT Puskesmas Perampuan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Harapan kami selaku petugas Puskesmas semoga apa yang telah direncanakan pada saat MMD nantinya bisa dilaksanakan di tahun 2023 mendatang.

 

#PRIMA

#Kesehatan_Anda_Kepedulian_Kami


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *