LOGO puskesmas perampuan
Beranda > Berita > Intervensi Masalah Tumbuh Kembang Anak Melalui Ddtka
Berita Utama

INTERVENSI MASALAH TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI DDTKA

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - 28 Juli 2022 - Dilihat 70 kali

Karang Bongkot, 27 Juli 2022

 

INTERVENSI MASALAH TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI DDTKA !!!

 

Apa itu DDTKA ???

Dikenal dengan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak yang merupakan kegiatan atau pemeriksaan untuk menemukan terjadinya penyimpangan tumbuh kembang pada anak sedini mungkin sehingga intervensi bisa dilakukan dengan segera khususnya dalam masa pee kembangan emas saraf anak.

 

Kali ini, kegiatan DDTKA dilaksanakan di tingkat TK/PAUD wilayah kerja UPT Puskesmas Perampuan. Adapun pengukuran yang dilakukan meliputi penculik uran antropometri (BB, TB, Lingkar Lengan, Lingkar Kepala, dll).

 

DDTKA sangat penting dilakukan guna mengetahui pertumbuhan anak, baik itu mental, sikap, perbuatan yang merupakan tugas orang tua dan pendidik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak itu sendiri sesuai dengan kemampuan sejak lahir sehingga anak menjadi cerdas dan sehat. Namun harus selalu dipantau secara rutin dan teratur agar tidak terlambat apabila terjadi masalah.

 

Pelaksana kegiatan DDTKA di UPT Puskesmas Perampuan adalah Petugas Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Tidak hanya di sekolah tentunya, DDTKA juga menjadi program Posyandu Keluarga. 

 

Semoga dengan kegiatan DDTKA bisa berkontribusi dalam menciptakan generasi bangsa yang unggul, sehat, cerdas dan religius tentunya.

 

#Ayo_DDTKA

#Pantau_Tumbuh_Kembang_Anak

#Rutin_Ke_POSYANDU_Keluarga

#PRIMA

#Kesehatan_Anda_Kepedulian_Kami


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *