LOGO puskesmas perampuan
Beranda > Berita > Pendamping Dan Pembinaan Posga
Berita Utama

Pendamping dan pembinaan posga

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - 15 April 2023 - Dilihat 124 kali

LAKSANAKAN PENDAMPINGAN & PEMBINAAN POSYANDU KELUARGA, KEPALA UPT PUSKESMAS PERAMPUAN MENYAMPAIKAN POSGA BERKWALITAS

 

Kali ini, Kepala UPT Puskesmas Perampuan (Ns. Akmal Rosamali, S.Kep. M.Kes) melaksanakan kunjungan perdananya ke Posyandu Keluarga Seroja, dusun Kapitan, Desa Perampuan (Kamis, 13 April 2023). 

 

Kegiatan pendampingan Posga ini dilaksanakan Bersama PJ UKM UPT Puskesmas Perampuan (Nur’aini, Amd. Keb), Kadus Kapitan (Samsul Hadi) dan Kader Pendamping desa Perampuan (Hermin Sukarlinawati, SH) dalam kunjungan tersebut disepakati beberapa hal terkait Pelayanan Posga yang berkulaitas, diantaranya pemindahan lokasi Posga ke tempat yang lebih strategis dan beberapa inovasi Posga yang insyaAllah akan diterapkan di lokasi Posga yang baru.

 

Kepala Dusun Kapitan sangat antusias dan menyambut baik beberapa inovasi yang telah disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Perampuan tersebut. Beliau berharap agar mulai bulan depan (Pada saat Posga bulan Mei) Posga sudah bisa melaksanakan pelayanan di lokasi yang baru.

 

Melihat antusias masyarakat sebagai sasaran layanan Posyandu Keluarga ( Balita, Rwmaja, Usia produktif, Ibu Hamil dan Lansia) untuk dapat berperan aktif di Posyandu Keluarga, Kepala UPT Puskesmas Perampuan sangat senang dan berharap masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik kedepannya termasuk dengan menambah program kegiatan Posga yang sudah disepakati bersama. Beliau menyampaikan jika Program Posga yang direncanakan bisa berjalan dengan baik insyaAllah masalah sampah akan bisa di tangani melalui kegiatan bank sampah di Posyandu Keluarga. 

 

Program tambahan yang lainnya adalah Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang berfungsi sebagai penyedia obat berupa taman berestetika yang memenuhi kriteria keindahan perkarangan. TOGA dapat memenuhi upaya kesehatan preventif (pencegahan penyakit), promotif (peningkatan derajat kesehatan), kuratif (penyembuhan penyakit) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan). Juga tersedia Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di Posyandu Keluarga yang berfungsi untuk memberdayakan Keluarga dan kelompok masyarakat melalui Posyandu keluarga untuk memhuka lapangan kerja baru. Kedepan program tambahan Posyandu Keluarga tersebut bisa menjadi income bagi Posyandu dan masyarakat (ucap beliau).

 

By : Tim Promkes Puskesmas Perampuan


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *