LOGO puskesmas perampuan
Beranda > Berita > Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah - Smp Islam Albhariyah
Berita Utama

PENJARINGAN KESEHATAN ANAK USIA SEKOLAH - SMP ISLAM ALBHARIYAH

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - 5 Maret 2024 - Dilihat 116 kali

Selasa, 5 Maret 2024 - Tim UKS UPT Puskesmas Perampuan melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan  di SMP Islam Albhariyah. Tim Puskesmas Perampuan yang beranggotakan 5 Petugas yang tersiri dari dokter, perawat gigi, bidan, promkes dan Laboratorium.

Sasaran penjaringan kesehatan Anak Sekolah ini adalah peserta didik kelas IX, VIII dan VII, adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, telinga, kulit dan kuku), Pemeriksaan status gizi meliputi pemeriksaan Berat Badan (BB),Tinggi Badan (TB), anemia, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut.

Jika ditemukan telinga siswa terdapat serumen (kotoran telinga) penuh dan padat, maka diberikan catatan, dirujuk ke puskesmas untuk dibersihkan. Sehingga tidak mengganggu pendengaran anak. Demikian juga bila ditemukan gangguan penglihatan maka akan diberi catatan rujukan untuk menggunakan kacamata. Sehingga meningkatkan kemampuan prestasi belajar anak.

Tidak lupa kesehatan gigi dan mulut, diingatkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dan bila di temukan gigi berlubang, gigi impacted atau kesundulan bisa segera dirujuk ke dokter gigi puskesmas untukmendapat penanganan secepatnya.

Kegiatan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran  peserta didik sejak dini cara hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat di terapkan dimana pun mereka berada.

Pelaksanaan kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Perampuan ini berjalan lancar sehingga memberikan maamfaat bagi peserta didik dalam rangka meningkatkan prestasi belajar disekolah dan derajat kesehatan masyarakat umumnya demi kepentingan terbaik bagi seluruh peserta didik.


#Cantik
#Kesehatanandakepeduliankami


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *