LOGO puskesmas perampuan
Beranda > Berita > Pelaksanaan Ojt Aplikasi Satu Data Kesehatan Di Upt Puskesmas Perampuan Ol…
Berita Utama

PELAKSANAAN OJT APLIKASI SATU DATA KESEHATAN DI UPT PUSKESMAS PERAMPUAN OLEH TIM DIKES PROVINSI NTB

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - Sebulan yang lalu - Dilihat 610 kali

Karang Bongkot, 28 Maret 2024 - Berlokasi di Aula UPT Puskesmas Perampuan, kegiatan Sosialisasi dan OJT Pengisian Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK) berjalan lancar, dengan melibatkan seluruh tim Pustu Primer, PJ Cluster dan Lintas Program.

Kepala UPT Puskesmas Perampuan (Ns. Akmal Rosamali., S.Kep., M.Kes) dalam arahannya menyampaikan selamat datang kepada Tim Dikes Provinsi NTB (Bu Andangsati dan tim) serta menyampaikan terimakasih atas kunjungan ini,  semoga Implementasi Aplikasi Satu Data Kesehatan dapat berjalan dengan baik dan konsisten di UPT Puskesmas Perampuan.

Selanjutnya Bagian inti acara adalah sosialisasi ASDK yang disampaikan langsung oleh Tim Dikes Provinsi NTB ( Ibu Andang Sari., S.Farm., Apt) dan Tim. Beliau menyampaikan dengan berjalan Penerapan  Integrasi Layanan Primer (ILP) tidak ada lagi namanya Poskesdes yang ada adalah Pustu Primer dimana terdapat beberapa petugas yang melakukan pelayanan yang terdiri dari minimal ada 1 dokter, 1 bidan, 1 perawat, dan 2 orang Kader.

Setelah adanya program ILP, sudah tidak ada lagi bekerja sendiri - sendiri sesuai dengan programnya namun harus bekerja secara tim, katakanlah misalnya  terjadi kasus stunting di salah satu dusun, bukan hanya org gizi yang menangani tapi juga semua anggota ikut terlibat dengan kata lain semua tim cluster tersebut harus ikut turun menangani. (Sambung beliau).

Aplikasi Satu Data Kesehatan ini adalah aplikasi yang mencakup data penyakit, data fasilitas kesehatan, data SDM Kesehatan serta data anggaran.

Sosialisasi tentang bagaimana penginputan data di ASDK, yg di input itu adalah capaian dari sasaran proyeksi, sasaran pertahun dibagi 12, jadi yg d input setiap bulannya adalah data absolut. sistem pelaporan, yg nakes laporkan melalui Aplikasi tersebut, sedangkan Kader melaporkan melalu WA.

Data ASDK ini sangat bermanfaat dan membantu dalam penyediaan informasi, selain itu juga untuk manajemen data, validasi, analisis dan visualisasi data kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Perampuan.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *