LOGO puskesmas perampuan
Beranda > Berita > Kegiatan Ikl (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) Depot Air Minum (Dam) Di Wila…
Berita Utama

KEGIATAN IKL (INSPEKSI KESEHATAN LINGKUNGAN) DEPOT AIR MINUM (DAM) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PERAMPUAN

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - 21 Maret 2024 - Dilihat 383 kali

Terong Tawah, 21 Maret 2024 - Kegiatan IKL ( Inspeksi Kesehatan Lingkungan ) Depot Air Minum ( DAM ) di Wilayah Kerja Puskesmas Perampuan. Inspeksi Sanitasi adalah pemeriksaan dan pengamatan secara langsung terhadap fisik sarana dan kualitas Air Minum, sementara itu Depot Air Minum (DAM) memiliki pengertian usaha industri atau perorangan yang melakukan proses pengolahan air baku menjadi air minum dan menjual langsung kepada konsumen. Depot Air Minum (DAM) telah berkembang dengan sangat pesat, ini dapat dikatakan telah membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas penyediaan air minum dengan harga yang pantas dan terjangkau. Namun di samping itu perlu diperhatikan kesehatan air minum tersebut maka perlu diadakan inspeksi sanitasi depot air minum. kegiatan hari ini dilaksanakan di 2 tempat yaitu Depot Air Amanah dan Depot Air Minum Zam-zam di Desa Terong Tawah.

Air minum harus memenuhi syarat-syarat kesehatan, baik fisik, kimia, radio aktif, maupun mikrobiologi, itu semua bertujuan agar air minum tidak mengakibatkan gangguan kesehatan bagi masyarakat. Dari hasil pemeriksaan diharapkan bahwa hasil nilai pemeriksaan memenuhi persyaratan kelayakan fisik, memenuhi syarat kesehatan dan air layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.  

Tujuan kegitan ini dilaksanakan yakni memastikan kualitas air hasil produksi yang di hasilkan oleh DAM di wilayah Kerja Puskesmas Perampuan terpantau kesehatannya sehingga tidak merugikan kesehatan masyarakat khususnya di wilayah Terong Tawah.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *